Randoseru, ransel sekolah di Jepan




Ingin tahu lebih banyak mengenai ransel Jepang?

Randoseru ditulis dengan huruf katakana, sebab ini merupakan kata serapan atau bahasa asing yaitu ransel kalau ngga salah ini bahasa Belanda. Atau backpack bahasa Inggrisnya.

Di Jepang, anak sekolah wajib menggunakan randoseru untuk sekolah. Tas ransel ini bisa digunakan selama berada di sekolah dasar , dijamin tidak rusak. Sampai bosan ya istilahnya, ransel ini super kuat. Bahannya dari kulit. Di desain sangat bagus. Banyak sekali kaitan- kaitan di samping , sisi luar ransel. Gunanya untuk cantelan sepatu , minuman, payung, atau pelindung kepala berwarna kuning jika terjadi gempa .

Di Jepang, anak-anak tidak akan pernah bisa memakai ransel yang bergambar super hero atau Cinderella etc. Wajib pakai randoseru. Semua seragam. Untuk anak laki, warna hitam atau biru tua, anak perempuan biasanya pink atau merah.

Di Brasil atau Indonesia ya sebaliknya, dimana pada umumnya orang tuanya atau si anak sendiri punya kebebasan memilih tas sekolah yang disukai, dan hampir dipastikan setiap tahun ganti.

Randoseru dibuat mulai abad 19, yang pada awalnya itu dipakai serdadu perang . Kemudian pada tahun 1885, pemerintah Jepang dan Gakushuin Elementary School mempunyai inisiatif untuk memakai randoseru sebagai kewajiban untuk semua pelajar Jepang di sekolah dasar.

Berapa harga randoseru?

Randoseru yang baik kualitasnya( hampir semua berkualitas bagus), harga paling rendah adalah 36.000 yen. Tapi masih banyak variasi harga, tergantung bahan, karena tingkat kualitas kulit juga bermacam-macam. Karena ada juga dari kulit sintetis.

Dulunya, biasa hanya bisa ditemukan randoseru dengan warna terbatas yaitu merah dan hitam saja. Tapi sekarang warna-warna baru sudah disediakan, pink, oranye, kuning, hijau, biru muda.  Tapi kebanyakan warna tradisional masih menjadi pilihan.

Dimensi dan daya tahan randoseru

Randoseru biasanya berukuran 30 cm tingginya, 23 cm. panjangnya, 18 cm lebarnya . Berat randoseru sendiri kisaran 1-1,5 kg. Sangat ideal untuk menampung semua materi yang dibutuhkan saat sekolah. Sangat kuat.

Ada tradisi ketika memasuki tahun ajaran baru, kakek dan neneknya membelikan randoseru kepada cucunya, toh hanya sekali saja, karena randoseru bisa dipakai selama  masa sekolah dasar atau bahkan lebih.
Randoseru ada yang harganya sampai mencapai 700 dolar. Tapi masih ada banyak pilihan harga, sehingga tidak bikin pegel dompet.

Pada masa tahun ajaran baru, yang berlangsung bulan April, kita bisa membeli randoseru di alat perlengkapan sekolah atau departemennya store seperti Seibu, Isetan,Takashimaya, Marui dan Mitsukoshi.

Pembuatan randoseru tidak melalui mesin, tapi semua manual. Itulah kenapa harganya mahal. Dengan dikerjakan secara manual, kualitas randoseru sangat meyakinkan. Tau garansi tas ransel ini? 6 tahun, yaitu masa sekolah dasar. Hebat bukan?

Selain menjadi icon culture di bidang pendidikan, randoseru juga sangat dikenal di luar Jepang. Banyak lho orang asing yang beli randoseru . Mungkin sebagai kenang-kenangan atau memang akan dipakai untuk anaknya. Saya juga simpan randoseru sebagai kenangan, selain memang harganya yang mahal.

Sedang bagi bangsa Jepang sendiri, randoseru adalah sebuah kebanggaan, begitu seperti sistem pendidikan yang diterapkan di Jepang yang sangat dibanggakan. Walaupun hanya obyek sederhana, tapi mempunyai arti yang besar, yang sangat penting, terutama dalam culture pendidikan, karena randoseru mengawali dalam langkah pendidikan dasar anak bangsa.

Banyak sekali orang Jepang, begitu memasuki usia dewasa, tidak bisa melepas begitu saja karena serasa tas ransel itu bagaikan soulmate yang tak bisa dipisahkan karena telah bersama selama masa kanak-kanak. Ini adalah tentang sentimentos, atau perasaan, ikatan batin, yang merupakan bukti bahwa randoseru memberikan bekas yang mendalam di setiap hati orang yang memakainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jogja ohh...Jogja..! Part 1

Tahun 80-an (anak-anak Jogja).

Nama-nama Jepang dan Mengenal Huruf Jepang