Jogja ohh...Jogja..! Part 1







Hei kawula Jogja..dan kawula bukan Jogja...! Suka mancing ngga? Kalau suka, ada tempat yang asik buat mancing. Mancing ikan lho..kalau mancing dolar dimana ya?Pengen mancing ikan? Tuh di Boyong Kalegan atau Moro Lejar..! Tempatnya asik dan semilir, itu lho jalan menuju ke arah Kaliurang...! Dari Yogya, ikuti saja jalan Kaliurang dan terus naik sampai menjelang masuk daerah Pakem. Lalu belok kiri atau ke barat di pertigaan jalan alternatif menuju Turi dan jalan raya menuju Magelang. Ikuti terus jalan alternatif yang naik-turun dan belak-belok ini hingga sampai pada jembatan sungai Boyong, dimana di sisi kiri dan kanan sebelum jembatan ada terlihat pondok-pondok rumah makan. Nah, “Boyong Kalegan” ada di sisi yang kanan. He he..yang kawula bukan Jogja pasti bingung ya..?!






Jogja memang gudangnya tempat-tempat ciamik dan dahsyat(kota-kotaku sendiri, wajar dong dibanggakan he he..), mau makan juga masih banyak tempat-tempat yang murah meriah. Kalau mau makan bakmi bikinan Pele...ngga usah jauh-jauh ke Brasil..cukup ke alun-alun utara sebelah selatan ( nah, bingung ngga?),bakmi pak Pele deket SD Keputran 1, tapi buka malam, hmm..lezat..bisa lesehan dan menikmati pengamen yang juga pinter nyanyi beneran..!

Di sepanjang jalan Palagan, kanan kiri banyak sekali tempat makan, mau yang elite sampai yang biasa. Juga sepanjang jalan Kaliurang, banyak resto yang menyajikan seafood, deket Mirota Bakery, berseberangan, ada bakso uleg lombok ijo, enaknya ngampleng(bukan nendang).

Masih ada, oseng-oseng mercon bu Narti, di jl. KH. Ahmad Dahlan, wow..mantap benar...., Belum lagi menu menu yang lain, seperti burung dara, puyuh, lele, bebek dan ayam yang penyajiannya disesuaikan dengan selera pembeli, tinggal pilih dibakar atau digoreng.

Angkringan juga makin keren saja dikalangan kawula muda, dengan menu utama "sego kucing" ! Banyak juga yang menyajikan bebek goreng. Siomay dan batagor ada di perempatan Kentungan, ini yang kurasa paling enak di Jogja.

Hmm..apalagi ya tentang Jogja...oh..itu, pantainya! Ngga cuma Parangtritis yang eksotik! Masih banyak yang layak untuk dikunjungi, Kukup, Baron,Goa Cerme, Drini, Depok,Jungwok, Sedahan dll...hanya saja akses menuju ke sana yang kurang memadai, ini adalah salah satu hambatan. Ada juga pantai Ngobaran, selain panorama yang indah, di sini ada pura, dan masjid yang menghadap ke selatan, kuliner? Ada landak laut goreng(eh..aku belum pernah nyoba sih)! Masih di kawasan Gunung Kidul,Pantai Ngobaran berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Dari Wonosari yang merupakan kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan dan dari arah Yogyakarta sekitar 65 km.

Jogjakarta, sebagai ikon kota pelajar, kota budaya, kota wisata, kota gudeg, sedikit demi sedikit mengalami pergeseran. Mungkin dikarenakan pengaruh budaya dari para pendatang, yang ikut meramaikan kota Jogjakarta. Tetapi, di hatiku, Jogja tetap memberikan kenyamanan seperti pada semboyan Jogja berhati nyaman, juga tempat yang memberi banyak inspirasi.

Kawula muda mempunyai tempat-tempat favorit untuk sekedar meluangkan waktu bersama teman-temannya. Diskotik dan tempat-tempat dugem yang asik, seperti Hugo's, Liquid, dan lain-lain. Ada juga Sarkem, tempat lokalisasi yang sangat terkenal, yang berada di sebelah selatan stasiun Tugu. Cafe-cafe yang asik buat begadang.

Nah..ada lagi tempatnya kawula muda menghabiskan malam, yaitu Seturan...tempat ini semakin ramai dan padat, banyak lesehan, bagiku, ini adalah suasana Jogja di malam hari yang tidak membosankan. Semrawut sih iya..tapi bagiku, enjoy saja sih..!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahun 80-an (anak-anak Jogja).

Nama-nama Jepang dan Mengenal Huruf Jepang